Jumat, 06 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X I / 1

Standar Kompetensi     : 1.  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
                                           mobilitas sosial.                                         
Kompetensi Dasar   : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
                                          kehidupan masyarakat.                                             
Indikator                 :
·         Menjelaskan hakikat struktur dan deferensi sosial
·         Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
·         Mendeskrispsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.
Alokasi Waktu        :  2 x 45 menit (1 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
2.    mengidentifikasi diferensiasi sosial di masyarakat
3.    membedakan berbagai pengaruh diferensiasi sosial berdasarkan pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Struktur sosial
2.      Diferensiasi sosial

C.     Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran



No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
b.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari di kelas X
c.       Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi sosial dalam masyarakat.
d.      Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam bentuk skema.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial, fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat berdasarkan penjelasan guru.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6.
c.      Siswa mendengar penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi sosial.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji  Penguasaan Materi” dalam buku halaman 13.
e.      Siswa membentuk kelompok kemudian membaca artikel dalam buku  halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya.
f.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas.
g.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok.
h.      Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 15-18.
b.      Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat laporan  atau tulisan.





E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman 2- 18.
2.      Kehidupan dalam masyarakat
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP
G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
2.      Hasil laporan siswa tentang keadaan masyarakat.
3.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 14












Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik             Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                                    Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                              2—15             = Sangat baik  
2.      Tanggung jawab individu                                                9—11              = Baik 
3.      Pemikiran                                                           6—8                = Cukup          
4.      Keberanian berpendapat                                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil         

4.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18


Mengetahui:                                                                                       Jakarta, _____________




_____________________                                                                   ______________________
Kepala Sekolah SMA                                                                           Guru Kelas/Bidang studi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar