Satuan Pendidikan : SMAN 1 KUTASARI
Kelas : X
Semester : Gasal
Program : IPS
Mata Pelajaran : sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
A. Standar Kompetensi : Memahami struktur sosialserta berbagai faktor pnyebab konflik dan mobilitas sosial
B. Kompetensi Dasar : Menganalisis faktor penyebab konflik dalam masyarakat
C. Indikator :1. Dampak konflik baik positif dan negatif
D. Tujuan Pembelajaran : Melalui kerja kelompok siswa dapat menjelaskan dampak konflik baik positif dan negatif serta pengaruhnya terhadap masyarakat
E. Materi Pembelajaran : Konflik sosial
F. Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
G. Model Pembelajaran : Role playing
H. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan pembelajaran | Waktu |
1. | Pendahuluan · Guru mengabsen peserta didik serta menanyakan kondisi peserta didik · Guru memberikan pretest untuk materi yang akan disampaikan · Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi konflik sosial dan cakupan materi yang akan di capai | 10 menit |
2. | Kegiatan Inti Langkah-langkah :
| 70 menit |
3. | Penutup · Peserta didik mencatat bagian-bagian dari materi yang dianggap penting · Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya, kalau tidak ada guru akan menanyakan kepada peserta didik tentang materi realitas sosial yang telah di pentaskan (diskusi) · Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
| 10 menit |
I. Metode Pembelajaran
- Bermain peran dan diskusi kelompok dengan model pembelajaran role playing
- informasi kepada peserta didik
J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. skenario
4. LCD
K. Sumber Bahan
Semarang, Desember 2011
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 1 Kutasari
Drs. Heriyanto, M.Pd. Endah Styorini, S.sos
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar